Membangun Hidup Minimalis Ala Cinta Laura

Akhir-akhir ini gaya hidup minimalis mulai ramai di kalangan masyarakat. Mereka semakin mudah mengakses informasi sehingga pengetahuan yang dulunya belum terlalu masyhur kini semua orang bisa dengan mudah mempelajarinya.

Salah satunya tentang konsep hidup minimalis. Konsep ini teralami juga oleh selebritis papan atas Indonesia yaitu Cinta Laura.

Artis keturunan Indonesia-Jerman ini memiliki konsep hidup minimalis. Dalam siniar di akun YouTube Boy William, Cinta Laura menunjumkan setiap sudut apartemennya yang tidak mengoleksi barang-barang seperti tas, sepatu, jam, dan aksesoris secara bertumpuk-tumpuk.

Perempuan yang memiliki nama asli Cinta Laura Kiehl mengungkapkan alasan kenapa menerapkan hidup yang hemat dan minimalis. Sedari kecil Cinta mendapat ajaran untuk melihat semuanya dari perspektif yang luas.

Bukan berati dia dia tidak menyukai barang-barang bagus. Akan tetapi, perempuan kelahiran 1993 ini akan merasa bersalah jika membeli barang mahal. Karena dalam pandangannya membeli tas branded puluhan juta hanya sekilas semata.

Bayangkan dengan uang puluhan juta itu, ia bisa menyekolahlan sebuah anggota keluarga. Pun bisa memberi makan orang banyak. Dan baginya mengeluarkan uang berjuta-juta untuk beli tas, itu tidaklah sepadan.

Menyederhanakan Hidup

Secara umum hidup minimalis adalah suatu gaya hidup di mana seseorang mencoba untuk menyederhanakan kehidupan mereka dengan fokus pada hal-hal yang benar-benar penting dan berarti bagi mereka.

Pada dasarnya, hidup minimalis melibatkan mengurangi kelebihan barang dan ketergantungan pada materi. Sehingga individu dapat fokus dan lebih mindfulness pada hal-hal yang memberikan kebahagiaan dan memenuhi kebutuhan esensial mereka.

Konsep hidup minimalis melibatkan berbagai aspek, termasuk pemilahan barang, mengurangi konsumsi, fokus pada pengalaman daripada kepemilikan materi, dan menciptakan ruang yang tenang dan terorganisir. Tujuannya adalah menciptakan kebebasan, ketenangan, dan kebahagiaan melalui kehidupan yang lebih sederhana dan terarah.

Baca Lainya  Shakira Amirah: Perempuan Berdaya dan Berbakat

Setiap orang mungkin memiliki interpretasi yang sedikit berbeda tentang hidup minimalis. Namun, secara umum melibatkan identifikasi apa yang benar-benar penting bagi kita. Melepaskan barang-barang yang tidak lagi kita perlukan atau tidak memberikan kebahagiaan. Dan fokus pada apa yang benar-benar berarti bagi kehidupan kita.

Konsep hidup minimalis telah terpraktikkan dalam berbagai bentuk. Meskipun tidak ada satu orang atau otoritas tunggal yang menetapkan definisi yang mutlak, pelbagai tokoh, penulis, dan praktisi hidup minimalis telah memomulerkan konsep hidup minimalis.

Beberapa tokoh yang sering mencuat dengan gerakan hidup minimalis termasuk Joshua Fields Millburn dan Ryan Nicodemus dari The Minimalists. Marie Kondo, seorang konsultan kebersihan dan penulis buku terkenal The Life-Changing Magic of Tidying Up. Juga Leo Babauta, seorang penulis dan pendiri blog Zen Habits.

Namun dari beberapa referensi menjelaskan bahwa gaya minimalis sering mendapat kaitan dengan kehidupan masyarakat Jepang pada zaman Edo.

Popularitas Minimalis

Konsep hidup minimalis semakin populer sejak penulis dan sosialita Jepang Marie Kondo menerbitkan buku berjudul The Life-Changing Magic of Tidying Up (2011).

Dalam bukunya, Marie membagikan metode KonMari, atau cara hidup dengan benda untuk memicu sukacita. Berkat metode unik tersebut, sang penulis memiliki tayangan episode khusus di Netflix yang berjudul Tidying Up with Marie Kondo.

Tren rumah minimalis mulai populer atau viral sejak terbitnya buku Goodbye, Things karya Fumio Sasaki tahun 2015. Fumio Sasaki masyhur dengan gaya hidupnya yang sangat minimalis, ia hanya memakai tiga kemeja dan empat pasang kaus kaki.

Menurut Fumio, manfaat dari penerapan hidup minimalis secara  jangka panjang akan lebih besar keuntungan dalam ketentraman hidup, dari pada rasa bersalah karena memnyimpan atau membelanjakan banyak barang yang tidak terbutuhkan.

Baca Lainya  Kartini: Pejuang Kesetaraan dan Pendidikan Kaum Perempuan

Catatan Cinta Laura

Namun demikian, penting untuk tercatat bahwa hidup minimalis adalah konsep yang relatif subjektif, dan setiap individu dapat mengadaptasinya sesuai dengan kebutuhan dan nilai-nilai pribadi mereka. Berikut hidup minimalis ala Cinta Laura.

Pertama, menyederhanakan isi rumah. Meski memiliki uang yang berlebih namun Cinta Laura lebih memilih untuk tinggal pada sebuah apartemen minimalis yang berada di tengah kota.

Dalam isian apartemennya tidak terlalu banyak barang mewah seperti artis-artis pada umumnya. Dalam setiap sudut tempat tinggalnya hanya terdapat barang dan tempat yang esensial seperti hanya terdpat satu sofa, satu kabinet, dan space makan.

Lengkap dengan kamar bergaya minimalis sehingga barang-barang yang ada di dalamnya adalah segala macam barang yang benar-benar fungsional. Karena konsep hidup minnimal ialah menjalani hidup dengan barang minimal namun berfungsi maksimal.

Kedua, memiliki pakaian secukupnya. Menjadi selebriti memiliki tantangan tersendiri. Artis sering kali harus tampil sempurna di mana saja dan kapan saja. Penampilan maksimal tersebut tak lepas dari life style yang mewah dan glamour.

Seperti beberapa publik figur dunia entertaint beberapa dari mereka meunjukan mewahnya kehidupan. Mulai dari rumah, mobil, koleksi baju, atau tas mahal hingga pengisian saldo ATM.

Namun, Cinta Laura Kiehl berbeda dari yang lain. Saat melihat apartemen tersebut di kanal YouTube pribadinya, Cinta menunjukan baju dan sepatunya yang hanya terdapat satu lemari.

Bandingkan dengan koleksi selebriti lainnya, koleksinya jauh lebih sedikit. Dia mengaku tidak suka menimbun barang. Wanita yang belajar bahasa Jerman dan psikologi ini memilih untuk membeli dan memiliki barang-barang sesuai kebutuhan dan memakainya sampai rusak. Ini sama seperti konsep hidup minimalis menggunakan barang sampai habis dan sampai rusak.

Baca Lainya  Martha Tilaar: Inspirator Industri Kosmetik Indonesia

Ketiga, gaya hidup sederhana. Karena kepemilikan barang-barang yang tidak berlebihan dia mengaku tidak sugkan untuk mengenakan barang mulai dari aksesoris, baju atau sepatu yang itu-itu saja. Sebab meski terlahir dari keluarga yang kaya akan tetapi Cinta memiliki prinsip hidup yang hemat tidak menghambur-hamburkan uang untuk hal yang kurang esial.

Inspirasi Kecil

Dan, keempat, hidup mandiri. Selama kuliah di USA, Cinta Laura memutuskan untuk tinggal di asrama. Dia tinggal di kamar berukuran 4×2 meter. Sejak tinggal di asrama, Cinta melakukan semua pekerjaan rumah sendiri.

Mulai dari laundry hingga pembersihan kamar. Cinta tidak merasa kesulitan untuk melakukan hal-hal tersebut karena ia sudah terbiasa sejak kecil. Selain itu Cinta Laura terkenal memiliki gaya hidup sehatnya. Dia berolahraga secara teratur dan makan dengan sehat. Cinta selalu memasak makanannya sendiri di rumah.

Meski memiliki uang lebih untuk menyewa orang untuk memasak makanannya, Cinta memutuskan untuk melakukannya sendiri. Kita bisa mencontoh apa yang Cinta Laura lakukan dalam kesehariannya. Memulai dengan hal-hal kecil seperti memasak makanan sendiri daripada membeli santapan dari luar.

Itulah beberapa pelajaran dan inspirasi untuk membangun habit hidup minimalis. Dengan demikian, kita akan lebih memiliki kesadaran dan rasa syukur untuk setiap apa kita jalani.

Pun mengurangi intensitas rasa stres, sebab gaya hidup minimalis bisa membantu mengurangi kekhawatiran, memberikan ketenangan pikiran, dan meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan. Mari mulai hidup minimalis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *